Menu
Personal Finance
Knowledge
Work Life
Relationship
Mental Health
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenapa Orang Memilih Alih Profesi?

Kenapa Orang Memilih Alih Profesi? Kredit Foto: Unsplash/Adam Satria
WE Trivia, Yogyakarta -

Alih profesi bukanlah sesuatu yang mudah karena harus merintis lagi karier dari awal. Mereka yang beralih profesi harus mentransfer keterampilan dan pengalamannya ke bidang yang benar-benar berbeda. Nyatanya, survei EdX menemukan bahwa 32 persen pekerja usia 25-44 tahun mempertimbangkan untuk beralih profesi. Bahkan, 29 persen pekerja sudah melakukannya.

Baca Juga: Kenapa Orang Memutuskan Alih Profesi di Usia 30-an Tahun?

Melansir Flexjobs, berikut faktor yang mendorong orang untuk beralih profesi.

1. Gaji

Menurut survei EdX, 39 persen dari mereka yang ingin atau telah berganti profesi melakukannya demi kenaikan gaji. Pasalnya, bisa saja gaji mereka pada profesi sebelumnya tak memenuhi ekspektasi. Alih profesi pun dijadikan jalan keluar untuk mendapatkan lebih banyak uang.

2. Kepuasan Karier

Para profesional kerap gonta-ganti karier demi mendapatkan kepuasan karier yang lebih tinggi. Mereka juga bisa merasa terjebak dalam karier mereka saat ini dan hanya ada sedikit peluang untuk maju dalam bidang yang sama.

3. Tidak Puas dengan Kepemimpinan

Seseorang juga bisa beralih profesi karena tidak puas dengan kepemimpinan di kantor. Masalah kepemimpinan dapat terjadi di semua tingkatan dalam sebuah perusahaan dan berdampak serius terhadap produktivitas karyawan. Kurangnya pengakuan, rendahnya gaji, dan minimnya tunjangan merupakan beberapa faktor yang mengindikasikan buruknya kepemimpinan.

4. Fleksibilitas Kerja

Fleksibilitas kerja merupakan faktor penting yang memengaruhi perubahan karier. Karyawan kerap menginginkan dan membutuhkan peran yang fleksibel untuk menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

5. Perubahan Prinsip dan Tujuan

Karyawan juga bisa memutuskan perubahan karier jika prinsip dan tujuan hidupnya berubah. Misalnya, mereka tertarik bekerja di industri atau organisasi nirlaba yang memperbaiki dunia, seperti bidang lingkungan hidup atau program sosial yang membantu warga kurang mampu.

Penulis/Editor: Citra Puspitaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Terpopuler

Terkini

Lihat semuanya