
Mencari pekerjaan bukanlah perkara mudah bagi banyak orang. Kita harus bisa melewati berbagai tahap dalam proses rekrutmen, mulai dari penyaringan CV hingga berbagai macam tes. Salah satunya adalah tes wawancara yang kerap menjadi penentu keberhasilan kandidat dalam mendapatkan pekerjaan tersebut.
Baca Juga: Kenapa Banyak Orang Gagal dalam Wawancara Kerja?
Tak jarang kita menjalani tes wawancara yang memakan waktu begitu lama, sehingga kita merasa tertekan. Melansir Flexjobs, tes wawancara yang berlangsung lama umum terjadi dalam proses rekrutmen kerja, terutama saat Anda naik ke tingkat karier yang memegang lebih banyak otoritas dan lebih berpengaruh dalam bisnis.
Biasanya perusahaan akan melakukan wawancara yang panjang untuk meneliti secara mendalam terhadap personal branding dan riwayat profesional Anda. Penyebab lainnya adalah ketatnya persaingan untuk mendapatkan peran itu. Jadi, HRD ingin memastikan mereka membuat keputusan perekrutan terbaik dan menawarkan gaji dan tunjangan yang kompetitif.
Tes wawancara yang berlangsung lama memang membuat frustasi. Namun, ini bisa menjadi kesempatan untuk menunjukkan keahlian dan kualifikasi Anda dengan lebih rinci. Jadi, cobalah untuk menunjukkan keaktifan dan antusiasme Anda selama proses wawancara.
Tips Kesuksesan Wawancara Kerja
Sebelum mengikuti wawancara kerja, sejumlah tips berikut ini bisa Anda jadikan referensi untuk meningkatkan kesuksesan. Mengutip Indeed, berikut penjelasannya.
1. Persiapan
Atasan dapat melakukan wawancara dalam berbagai format dan pengaturan. Mengetahui hal ini dapat membantu Anda memasuki pertemuan dengan perasaan lebih siap dan percaya diri. Misalnya, wawancara tatap muka individu dan kelompok, di luar kantor, lewat telepon dan video.
Penulis/Editor: Citra Puspitaningrum
Tag Terkait: