Menu
Personal Finance
Knowledge
Work Life
Relationship
Mental Health
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenapa Orang Tua Harus Menyiapkan Asuransi Kesehatan Anak?

Kenapa Orang Tua Harus Menyiapkan Asuransi Kesehatan Anak? Kredit Foto: Wafiyyah Amalyris K
WE Trivia, Yogyakarta -

Seorang anak berhak mendapatkan jaminan kesehatan agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Hak anak ini pun bisa dipenuhi melalui asuransi kesehatan anak.

Baca Juga: Kenapa Kita Perlu Memiliki Asuransi Kesehatan?

Mengutip laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kesehatan anak merupakan produk asuransi yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan kesehatan untuk anak-anak. Banyak keluarga memang telah memiliki asuransi kesehatan wajib, seperti BPJS Kesehatan atau fasilitas kesehatan kantor. Namun, asuransi tersebut tidak memberikan perlindungan spesifik terhadap anak.

Seperti yang kita ketahui, imunitas anak berbeda dari orang dewasa, sehingga lebih rentan terserang penyakit. Akibatnya, mereka butuh perawatan khusus dari dokter spesialis anak. Selain itu, anak-anak juga memerlukan imunisasi atau vaksinasi khusus untuk menunjang kekebalannya.

Perawatan ini sering kali membutuhkan biaya yang tak sedikit. Jadi, orang tua perlu mempersiapkan polis asuransi kesehatan anak yang memberikan manfaat mencakup biaya untuk vaksinasi atau imunisasi, rawat jalan, rawat inap, dan tindakan kesehatan lainnya khusus pasien anak. Dengan memiliki asuransi kesehatan anak, orang tua tak perlu mengkhawatirkan biaya tak terduga saat buah hatinya sakit karena perusahaan asuransi akan menanggungnya sesuai manfaat polis asuransi.

Tips Membeli Asuransi Kesehatan Anak

Ikuti tips berikut ini agar Anda tak ragu dalam memilih produk asuransi kesehatan anak:

1. pelajari manfaat asuransi kesehatan yang sudah dimiliki dan pertimbangkan untuk membeli polis asuransi kesehatan anak jika belum ditanggung oleh asuransi yang sudah dimiliki;

2. cek kelengkapan fasilitas asuransi, seperti cakupan manfaat asuransi dan jaringan rumah sakit;

3. pilih jenis asuransi kesehatan anak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial orang tua;

4. pelajari cara klaim, pengecualian manfaat asuransi, dan isi polis asuransi, khususnya terkait hak dan kewajiban konsumen;

Baca Juga: Kenapa Asuransi Kesehatan itu Penting?

5. pilih premi asuransi sesuai dengan kondisi kesehatan anak;

6. pastikan memilih produk asuransi dari agen resmi atau lembaga jasa keuangan terdaftar dan berizin di OJK.

Penulis/Editor: Citra Puspitaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Terpopuler

Terkini

Lihat semuanya