
Berbeda dari kebanyakan produsen yang ingin menyajikan perangkat digital berharga terjangkau, Apple justru dikenal sebagai perusahaan dengan produk mahal. Perusahaan asal Amerika Serikat yang sudah ada sejak tahun 1977 ini dikenal menjual berbagai perangkat digital dengan harga tinggi di semua negara.
Melihat katalog digital Apple terbaru di iBox, iPhone 14 sebagai produk smartphone Apple paling baru saat ini dijual dengan harga lebih dari Rp30 juta rupiah untuk varian paling mahal. Sementara itu, untuk varian paling murah pun harganya masih mencapai Rp14 juta, yang tentu jauh di atas harga produk smartphone lain.
Melansir Investopedia, mahalnya produk Apple membuat perusahaan ini dianggap sebagai salah satu yang paling berharga sejak tahun 2010. Pada tahun 2023 ini, Statistika menyebut Apple sebagai perusahaan paling berharga ke-2 di dunia dan hanya bersaing tipis dengan Amazon.
Baca Juga: Kenapa Pengguna Meletakkan iPhone dengan Posisi Layar Menghadap Bawah?
Berbagai Faktor yang Membuat Produk Apple Memiliki Harga Mahal
Meskipun memberikan pilihan varian produk dengan harga berbeda, tetapi produk Apple tetap jauh lebih mahal ketimbang produk serupa dari merek lain. Beberapa faktor yang membuat produk Apple dijual mahal adalah sebagai berikut.
1. Apple menjual inovasi produk digital
Apple tidak hanya sekedar menghadirkan produk peralatan digital di pasaran, tetapi juga menunjukkan inovasi canggih. Perusahaan yang awalnya memproduksi komputer ini mengenalkan berbagai inovasi pengubah dunia, seperti iPhone dengan layar sentuh pada tahun 2007 dan iPad sebagai produk yang berbeda dari laptop dan smartphone pada tahun 2010.
Untuk produk-produk yang juga dikeluarkan oleh merek lain, Apple bersaing dengan cara menawarkan inovasi dalam bentuk fitur canggih. Misalnya, merek ini menjadi salah satu yang paling pertama mengenalkan layar beresolusi tinggi, teknologi pembaca sidik jari, hingga perangkat-perangkat nirkabel.
2. Apple Menawarkan performa kuat dan desain unik
Selain mengenalkan inovasi-inovasi canggih, Apple juga secara konsisten mampu selalu unggul pada inovasi tersebut. Misalnya, Apple masih menjadi produsen terbaik untuk produk komputer tablet. Di dalam produk tersebut terdapat chipset M2 yang bahkan mengalahkan chipset hasil perusahaan khusus, seperti Intel dan AMD.
Selain kemampuan mesin yang kuat, produk Apple juga dikenal memiliki desain yang mempengaruhi pasar. Misalnya, desain ramping pada MacBook telah menjadi acuan penting bagi pasar konsumen yang akhirnya memaksa merek lain menyediakan produk seramping mungkin. Bahkan, desain tata letak kamera pada iPhone pun mampu mengubah tren di dunia smartphone.
Baca Juga: Kenapa Kita Merasa Lebih Keren Pakai iPhone Dibanding Android?
3. Apple menargetkan konsumen kelas menengah
Sejak awal dikenalkan, setiap produk Apple memang menyasar konsumen kelas menengah ke atas. Merek ini secara konsisten menggunakan material berkualitas tinggi untuk menyusun sebuah produk. Hal itu juga yang membuat produk Apple dikenal memiliki daya tahan kuat dan lama.
Sepadan dengan komitmennya menjaga kualitas produk, Apple diketahui menetapkan margin keuntungan yang tinggi. Melansir Business Insider, merek ini diketahui menaikkan harga produknya lebih dari 50% hanya dari tahun 2017 sampai 2020. Setelah itu, meskipun persentasenya berbeda, tetapi diketahui bahwa setiap produk Apple selalu meningkat dari tahun ke tahun.
Penulis/Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: