Menu
Personal Finance
Knowledge
Work Life
Relationship
Mental Health
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenapa Kita Tidak Boleh Melewatkan Makan Siang?

Kenapa Kita Tidak Boleh Melewatkan Makan Siang? Kredit Foto: Pexels/Karolina Grabowska
WE Trivia, Yogyakarta -

Saat kesibukan tengah melanda, kita terkadang lupa menyempatkan diri untuk makan siang. Padahal, seharusnya kita tidak boleh melewatkan seluruh jadwal makan, begitu pula dengan makan siang. 

Menukil laman HuffPost, melewatkan makan siang membuat tubuh kita tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Saat nutrisi kurang, tubuh kita akan terasa lemas dan tidak bersemangat.

Hal tersebut tentu sangat merugikan, karena dapat menyebabkan penurunan produktivitas saat bekerja. Oleh karena itu, tidak peduli seberapa sibuknya, kita harus tetap mengonsumsi makan siang.

Selain itu, kita tidak boleh melewatkan makan siang karena dapat  memberikan dampak negatif untuk kesehatan. Simak penjelasan lengkapnya dalam uraian di bawah ini!

Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Melewatkan Makan Siang

Jen Bruning dari Academy of Nutrition and Dietetics dalam HuffPost menjelaskan bahwa melewatkan makan siang sesekali memang bukan masalah besar. Namun, jika telah menjadi kebiasaan maka dapat berdampak buruk untuk kesehatan, antara lain.

1. Meningkatkan risiko diabetes

Kebiasaan melewatkan makan siang dapat mengakibatkan penurunan metabolisme dan meningkatkan risiko kekurangan nutrisi. Hal ini berbahaya karena memicu peningkatan keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak kalori di malam hari. 

Konsumsi makanan yang terlalu banyak ini menyebabkan gula darah dan insulin melonjak, sehingga dapat meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga: Kenapa Orang Malas Sarapan?

2. Mengurangi konsumsi makanan sehat

Melewatkan makan siang menyebabkan kita memilih makanan kurang sehat saat merasa lapar. Misalnya, mempunyai keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi.

Studi dari Department of Agriculture menemukan bahwa orang yang tidak sarapan atau makan siang mengonsumsi lebih sedikit buah, sayuran, biji-bijian, makanan laut, dan protein nabati.

3. Menyebabkan emosi negatif

Melewatkan makan siang menyebabkan penurunan energi, suasana hari, produktivitas, dan konsentrasi kita.

Penulis/Editor: Dinda Agita Dewi

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Terpopuler

Terkini

Lihat semuanya