Menu
Personal Finance
Knowledge
Work Life
Relationship
Mental Health
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenapa Istri Lebih Dipercaya untuk Mengatur Keuangan Rumah Tangga?

Kenapa Istri Lebih Dipercaya untuk Mengatur Keuangan Rumah Tangga? Kredit Foto: Freepik/Tirachardz
WE Trivia, Yogyakarta -

Dalam kehidupan rumah tangga, perihal keuangan memang menjadi sesuatu yang harus dibicarakan bersama-sama. 

Pada beberapa kasus, istri seringkali lebih dipercaya untuk mengatur keuangan rumah tangga, sementara suami bertugas mencari nafkah. Kasus ini khususnya terjadi dalam kehidupan rumah tangga yang masih menerapkan nilai-nilai tradisional.

Baca Juga: Kenapa Suami yang Selingkuh Tetap Mempertahankan Istri?

Dalam budaya tradisional, perempuan seringkali dianggap lebih telaten dalam mengatur keuangan sehingga dipercaya untuk memegang kendali dalam mengelola keuangan rumah tangga.

Istri juga sering menerima tanggung jawab untuk memastikan sebuah kebutuhan rumah tangga terpenuhi. Sebab, itu mereka dianggap lebih peka untuk mengatur keuangan.

Melansir dari, Financial Post, perempuan memang cenderung lebih aktif dalam perihal keuangan rumah tangga, seperti membuat keputusan untuk menabung dan mengontrol pengeluaran. 

Dalam mengelola keuangan rumah tangga, perempuan juga dianggap sebagai sosok yang lebih hati-hati dan kerap melakukan banyak pertimbangan sebelum membuat keputusan keuangan.

Baca Juga: Kenapa Suami Memilih untuk Menjadi Bapak Rumah Tangga?

Sebuah studi menunjukkan bahwa, perempuan cenderung memiliki pandangan jangka panjang yang penuh pertimbangan sebelum mengalokasikan uang.

Selain alasan yang telah dijelaskan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Business Perspective tentang keputusan perempuan dalam mengelola keuangan rumah tangga, berikut beberapa faktor yang membuat istri lebih dipercaya dalam masalah keuangan keluarga.

Penulis/Editor: Sabriena Yully Puspita

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: