Menu
Personal Finance
Knowledge
Work Life
Relationship
Mental Health
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenapa Karyawan Perlu Bekerja dengan Target?

Kenapa Karyawan Perlu Bekerja dengan Target? Kredit Foto: Freepik/Tirachardz
WE Trivia, Blitar -

Terkadang, karyawan terlambat menyelesaikan tugas dari tenggat waktu ataupun kehilangan minat pada pekerjaan mereka. Hal ini dapat terjadi karena tidak ada target yang ditentukan di awal sehingga tidak ada tujuan yang jelas.

Oleh sebab itu, banyak perusahaan menerapkan sistem target bagi para karyawannya, yang disesuaikan dengan tugas dan beban kerja. Target tersebut diharapkan dapat memberikan fokus dan arah dalam mencapai tujuan.

Baca Juga: Kenapa Karyawan Memerlukan Tekanan Kerja untuk Produktif?

Hal ini memberi karyawan dorongan ke arah penguasaan diri untuk meningkat setiap hari dan menjadi tangguh pada masa-masa sulit. Bekerja dengan target tidak hanya menguntungkan karyawan, tetapi juga perusahaan.

Alasan Karyawan Perlu Bekerja dengan Target

Lebih detail, melansir artikel pada laman Engagedly, berikut ini adalah sejumlah alasan kenapa karyawan perlu bekerja dengan target yang telah ditentukan.

1. Memotivasi Karyawan

Penetapan target adalah ara mudah untuk membuat karyawan tetap termotivasi dalam bekerja. Jika tidak, semangat mereka menjadi rendah dan akhirnya memengaruhi produktivitas kerja. Di sisi lain, mencapai target dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kepuasan kerja.

2. Memprioritaskan Pekerjaan

Memiliki target yang jelas membantu karyawan untuk fokus pada prioritas. Mereka bisa mengerjakan tugas sesuai dengan tahapan prioritas yang telah ditentukan. Hal ini memungkinkan tugas bisa selesai tepat waktu dan dalam urutan yang logis.

Selain itu, kemampuan memprioritaskan target menunjukkan kemampuan karyawan untuk perencanaan dan fokus ke depan. Hal ini membuat mereka lebih siap dan jelas tentang pekerjaan apa dan kapan harus diselesaikan.

3. Pengambilan Keputusan

Target berfungsi sebagai panduan dalam proses pengambilan keputusan. Karyawan akan mengevaluasi keputusan terhadap target yang ingin dicapai. Target berguna ketika menemukan proyek yang menantang karena membantu dalam membuat keputusan yang bijak.

4. Kerja Sama Tim

Target individu yang dikaitkan dengan target organisasi akan membentuk kerja sama tim. Para pemimpin dan manajer harus memberi tahu setiap karyawan bagaimana target yang harus dicapai terkait dengan tujuan perusahaan.

Dengan demikian, karyawan akan memahami pentingnya kerja sama tim begitu tahu bahwa mereka cocok dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan bagaimana target itu terkait dengan rekan-rekan kerja.

5. Ukur Kesuksesan

Jika penetapan target dilakukan dengan benar, hal itu akan membantu dalam mengukur keberhasilan karyawan dan perusahaan. Cara 'SMART' dapat digunakan untuk menetapkan target sehingga dapat diukur secara kuantitatif dan kualitatif.

Metode SMART berarti spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. Bagi karyawan, target yang terpenuhi harus spesifik, yang kemajuannya dapat diukur dan dicapai tepat waktu. Hal itu akan membantu dalam mengevaluasi hasil dan solusi efektif.

6. Memandu Karyawan

Penetapan target memandu karyawan untuk mencapai apa yang diinginkan. Target yang ditentukan dengan tepat tidak hanya akan membimbing karyawan, tetapi juga membantu dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan.

Baca Juga: Kenapa Kerja Remote Bisa Menurunkan Produktivitas Karyawan?

7. Manajemen Waktu

Memiliki target yang jelas akan membantu karyawan mengatur waktu mereka secara efektif. Target juga membantu dalam memprioritaskan pekerjaan dan mencegah karyawan mengerjakan hal-hal yang tidak relevan dan mengalihkan perhatian.

Penulis/Editor: Mitha Jayanti Mardiana

Bagikan Artikel: