Menu
Personal Finance
Knowledge
Work Life
Relationship
Mental Health
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenapa Usia 20-an Menjadi Masa yang Rentan Kesepian?

Kenapa Usia 20-an Menjadi Masa yang Rentan Kesepian? Kredit Foto: Unsplash/Alex Ivashenko
WE Trivia, Yogyakarta -

Usia 20-an sering kali menjadi masa transisi penting dalam hidup seseorang, di mana individu mulai berada di antara masa remaja dan dewasa muda.

Periode usia 20-an bisa menjadi waktu yang penuh tantangan dan perubahan, yang dapat menyebabkan stres, ketidakpastian, dan rasa kesepian.

Dilansir dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychiatry, disebutkan beberapa faktor yang membuat seseorang merasa kesepian di usia 20-an, yaitu sebagai berikut. 

Baca Juga: Kenapa Kesehatan Mental Remaja Perlu Diperhatikan?

1. Keterbatasan Waktu 

Anak muda di usia 20-an seringkali memiliki jadwal yang padat, seperti kuliah, bekerja, atau mengejar karier, sehingga mereka tidak memiliki banyak waktu untuk bersosialisasi dan membangun hubungan dengan orang lain. Keterbatasan waktu tersebut menyebabkan kurangnya interaksi sehingga menimbulkan perasaan kesepian.

2. Kurangnya Koneksi Sosial

Mereka yang berada di usia 20-an cenderung memiliki mobilitas yang tinggi sehingga berpindah-pindah tempat tinggal dan berganti-ganti teman. Pada  masa ini, banyak anak muda yang pindah ke kota besar untuk mengejar pendidikan atau karier, dan mungkin terpisah dari keluarga atau teman-teman mereka.

seseorang mungkin mengalami perubahan besar dalam lingkungan sosial mereka, dengan memasuki dunia kerja, bertemu dan berpisah dengan pasangan. perubahan tersebut akan menimbulkan perasaan terisolasi dan kesepian.

3. Kecemasan Sosial

Kecemasan sosial dapat terjadi pada semua usia, termasuk pada orang usia 20-an. Di usia ini, kecemasan sosial mungkin muncul karena tekanan akademik,  pekerjaan, tuntutan sosial, atau perubahan dalam lingkungan sosial. 

Misalnya, seseorang mungkin merasa cemas atau takut untuk berbicara di depan kelas kuliah, menghadiri pesta atau acara sosial, atau bertemu dengan orang baru di tempat kerja maupun di kampus.

Kecemasan sosial dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk membangun hubungan sosial yang kuat dan tahan lama, karena mereka mungkin merasa sulit untuk mengatasi ketidaknyamanan atau menghindari situasi sosial yang memungkinkan mereka untuk bertemu dan terhubung dengan orang lain. Sehingga muncullah perasaan kesepian.

4. Terjadi Perubahan Besar

Usia 20-an adalah masa transisi antara masa remaja dan dewasa, di mana seseorang mengalami banyak perubahan hidup seperti lulus kuliah, memulai karier, atau membangun keluarga. Perubahan hidup yang besar ini dapat membuat seseorang merasa kesepian dan sulit beradaptasi dengan lingkungan dan situasi baru.

Baca Juga: Kenapa Olahraga Penting untuk Kesehatan Mental?

5. Masalah Kesehatan Mental

Di usia 20-an dapat mengalami masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi, yang dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk membangun hubungan sosial yang sehat dan memuaskan.

Baca Juga: Dari Mana Asal-Usul Yahudi? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Penulis/Editor: Sabriena Yully Puspita

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: